Imbas Gempa Situbondo, Dua Bangunan di Probolinggo Rusak

Reporter : Moch Wildanov

Editor : Diaz Octa

 

Probolinggo, Kabarpas.com – 2 Bangunan di Kabupaten Probolinggo, mengalami kerusakan akibat gempa yang terjadi di Situbondo, Kamis (11/10/2018) dini hari.

Gempa berkekuatan 6,4 SR yang terjadi di Situbondo, juga dirasakan di Kabupaten Probolinggo, bahkan mengakibatkan 2 bangunan rusak. Sebuah masjid di Desa Krucil, Kecamatan Krucil, mengalami kerusakan. Serta bagian dapur di salah satu rumah warga Desa Condong, Kecamatan Wangkal, nyaris rata dengan tanah. Beruntung, Ibu Riyanto, pemilik rumah, berhasil menyelamatkan diri.

Menurut keterangan Ibu Riyanto, gempa tersebut terjadi sekitar pukul 01.00 wib dan berlangsung sekitar beberapa detik. Karena waktu dini hari, sehingga banyak orang yang tidak tahu adanya guncangan.

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa tersebut.

“Tidak ada korban. Kejadian sekitar jam 1. Hanya dapur dan sisanya retak-retak,” ungkap Abdul Rohim, warga.

BPBD Kabupaten Probolinggo bersama polisi, dan warga, gotong royong memperbaiki bangunan yang rusak.

“Gempa berpusat di Situbondo ini berdampak di Kabupaten Probolinggo. Terjadi di 2 kecamatan,” ujar Anung Widianto, Kepala BPBD Kabupaten Probolinggo.

Anung menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pendataan. Karena dimungkinkan masih ada bangunan yang rusak akibat gempa tersebut.

BPBD juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik, tetap tenang dan bila terjadi gempa susulan, dihimbau agar mengambil tindakan perlindungan diri dengan keluar rumah atau berlindung di bawah meja. (wil/diz).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *