Tiba di Kampung Halaman, Ratusan Jamaah Haji Probolinggo Disambut di Miniatur Ka’bah

Reporter : Amelia Putri

Editor : Anis Natasya

Probolinggo, Kabarpas.com – Wisata Religius Miniatur Ka’bah di Desa Curah Sawo Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo kembali dipenuhi ribuan massa, Rabu (5/9) malam hingga Kamis (6/9) pagi.

Setelah digunakan sebagai lokasi pemberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Probolinggo pada 27 Juli, Miniatur Ka’bah kembali digunakan sebagai lokasi untuk menyambut kedatangan para “tamu Allah” tersebut.

Kedatangan jamaah haji tersebut disambut oleh Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo Tjahjo Widodo, Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Sigit Sumarsono, Anggota Komisi VIII DPR RI sekaligus Mustasyar PCNU Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan Drs. H Hasan Aminuddin, M.Si, Ketua PCNU Kota Kraksaan KH Nasrullah A Suja’i, Ketua PCNU Kabupaten Probolinggo KH Abdul Hadi dan sejumlah Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Kedatangan jamaah haji Kabupaten Probolinggo yang tergabung pada kloter 27 dan 28 ini sebanyak 818 orang. Hanya saja dalam kepulangannya terbagi dalam 2 (dua) gelombang. Untuk gelombang pertama adalah kloter 27 dengan 445 orang jamaah haji tiba sekitar pukul 23.00 pada Rabu (5/9) malam. Sementara kloter 28 dengan 373 orang jamaah haji tiba sekitar pukul 04.30 WIB pada Kamis (6/9) pagi.

Demi kelancaran proses pemulangan jamaah haji, panitia menghimbau kepada para keluarga agar tidak menghampiri jamaah haji sebelum bus meninggal area Miniatur Ka’bah. Tetapi karena rasa rindu yang sudah menggebu membuat para keluarga jamaah ini menerobos brigade yang dibuat petugas. Akhirnya petugas kewalahan dan melepas brigade ini.

Hiruk pikuk massa yang mencari keluarganya segera bercampur dengan keharuan dan isak tangis bahagia tatkala mereka bertemu dengan orang-orang yang sangat dirindukannya.

Anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H Hasan Aminuddin, M.Si menyampaikan ucapan selamat datang dan bersyukur karena jamaah haji Kabupaten Probolinggo telah tiba di tanah air dalam kondisi sehat dan selamat.

“Alhamdulillah, selamat datang kembali di Kabupaten Probolinggo. Semoga menjadi haji yang mabrur,” harapnya.

Sementara jamaah haji kloter 27 tiba di bandara Juanda Surabaya sekitar pukul 15.00 WIB. Sementara jamaah haji kloter 28 tiba di bandara Juanda Surabaya sekitar pukul 21.00 WIB. Begitu sampai di bandara Juanda Surabaya para jamaah haji ini langsung menuju ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya uuntuk menyelesaikan beberapa proses administrasi seperti pemeriksaan paspor dan cek kesehatan.

Setelah melalui pemeriksaan paspor, barang bawaan dan pemeriksaan kesehatan, selanjutnya jamaah haji diserahkan kepada petugas Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo untuk pemulangannya ke Kabupaten Probolinggo. (mel/nis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silakan kirim info Anda