Waspada, Debu Pasir Gunung Bromo Bisa Sebabkan Penyakit ISPA dan Sakit Mata

Reporter : Moch Wildanov

Editor : Diaz Okta

Probolinggo, Kabarpas.com – Badai angin yang menerpa lautan pasir di Gunung Bromo, harus diwaspadai karena dapat menyebabkan penyakit ISPA dan sakit mata.

Angin kencang yang terjadi beberapa pekan terakhir ini cukup menghawatirkan bagi kesehatan. Apalagi di lokasi Wisata Gunung Bromo yang terdapat lautan pasir. Pasalnya, abu pasir di lokasi setempat mengandung silika yang berbahaya bila dihirup berlama-lama karena dapat menyebabkan ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut) dan sakit mata.

Disarankan kepada pengunjung untuk sementara waktu agar tidak ke lokasi lautan pasir Kaldera. Para pengunjung juga dihimbau agar menggunakan masker dan kacamata untuk mencegah debu berbahaya masuk ke dalam tubuh.

“Iya anginnya kencang. Saya bawa masker karena tenggorokan sakit,” ungkap Badrut, salah satu pengunjung kepada Kabarpas.com biro Probolinggo.

Menurut Camat Sukapura, Yulius, fenomena tersebut merupakan hal yang biasa terjadi setiap musim kemarau.

“Pada dasarnya indah dan tetap aman. Itu fenomena tahunan. Disarankan kepada pengunjung untuk menggunakan pengaman masker,” kata Yulius.

Dibalik debu pasir yang berterbangan, angin ternyata dapat bemanfaat meratakan gundukan pasir di wisata setempat. Sehingga nantinya akan memperindah panorama lautan pasir Kaldera. (wil/diz).

(Visited 41 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *