Sidak ke Sejumlah Pedagang Hewan Kurban, Tim Gabungan Temukan Belasan Hewan Sakit

Reporter : Moch Wildanov

Editor : Diaz Salma

 

Probolinggo, Kabarpas.com – Jelang Hari Raya Idul Adha, Tim Gabungan Pemkot Probolinggo menggelar sidak ke sejumlah pedagang hewan kurban yang berada di wilayah Kota Probolinggo. Alhasil, ditemukan belasan hewan sakit dan seekor kambing belum cukup umur.

Tim gabungan yang terdiri dari Dinas Peternakan, Dinas Kesehatan, serta Sat Pol PP Pemkot Probolinggo ini, mendatangi sejumlah pedagang hewan kurban di wilayah setempat.

Sidak ini dilakukan untuk mengecek kesehatan hewan agar masyarakat tidak perlu was was dalam memilih hewan kurban. Serta untuk meminimalisir adanya pedagang nakal yang hanya ingin mengambil keuntungan besar namun tidak melihat kondisi hewan yang dijual.

Dari hasil sidak ditemukan 14 hewan menderita infeksi mata. Hal tersebut disebabkan karena cuaca panas dan angin kencang yang membuat debu bertebaran.

Selain itu, ada juga hewan yang belum poel (belum cukup umur) dan seekor kambing cacat, hal itu seperti ditemukan petugas saat melakukan sidak di Jalan Bengawan Solo.

Petugas memberikan obat oles untuk infeksi mata. Diperkirakan akan membaik dalam waktu 3 hari.

Tak hanya itu, petugas juga melarang pedagang menjual kambing yang sakit, hingga kondisinya benar-benar sembuh.

“Ada belasan hewan yang sakit. Padahal sebelumnya sudah diantisipasi oleh dinas terkait. Dan disarankan tidak untuk dijual,” ujar Rukmini, Wali Kota Probolinggo kepada Kabarpas.com biro Probolinggo.(wil/diz).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *