Ini Dia Bobot Sapi yang Dikurbankan Presiden Jokowi di Masjid Al-Akbar Surabaya

Reporter : Moch Rofi’i

Editor : Titin Sukmawati

 

Surabaya, Kabarpas.com – Jelang pelaksanaan Idul Adha, seekor sapi kurban milik Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) sudah tiba di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya.

“Jenis Sapi Jokowi adalah Peranakan Ongole/PO, warna putih, umur 4,5 tahun dengan berat 1.050 kg atau 1, 05 ton,” kata H Helmy M Noor, Humas Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya kepada wartawan Kabarpas.com biro Surabaya, Selasa (21/08/2018).

Pria kelahiran Tegal ini menambahkan, sapi Presiden Jokowi diperoleh dari Sawiyan, salah satu peternak asal Desa Takerharco, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan.

“Untuk penyembelihan hewan kurban  di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya akan berlangsung pada hari Kamis, 23 Agustus 2018. Dan distribusi daging kurban akan diserahkan kepada masyarakat mendasari data GAKIN dari Kelurahan Pagesangan dan Gayungan serta pengajuan dari lembaga sosial yang sudah diverifikasi,” ungkap pria yang akrab disapa Gus Helmy tersebut.

Untuk itu, Gus Helmy menegaskan bahwa panitia akan mendatangi masyarakat penerima daging kurban.

“Tidak ada pembagian kupon dan tidak ada pembagian daging kurban di lokasi Masjid Al Akbar Surabaya,” tegasnya.

Di sisi lain, Gus Helmy juga mengungkapkan bahwa untuk pelaksanaan salat Idul Adha di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya akan berlangsung pasa hari Rabu, 22 Agustus 2018. Yakni, mulai pukul 06 00 – selesai.

“Gubernur Jawa Timur H Soekarwo dan Forkompimda beserta 60 ribu jamaah (kapasitas maksimal) akan salat Id di masjid terbesar kedua di Indonesia ini,” tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa nanti yang bertindak sebagai khotib adalah KH Ahmad Mujayyid (Pengasuh Pesantren Ibaddurahman Malang) dengan tema“Menyingkap Tabir Nabi Ibrahim AS sebagai Landasan Keselamatan dan Keberhasilan Hidup.

“Sedangkan untuk imam Salat Idul Adha adalah KH Ahmad Muzakky Alhafidz (Imam Rowatib MAS),” tutupnya. (rof/tin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *