Kemenag Berkomitmen Meningkatkan Kualitas dan Mutu PTKI

Reporter : Alip Nuryanto

Editor : Abu Avzalea

Jember, Kabarpas.com – Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam berkomitmen meningkatkan kualitas dan mutu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur PTKI Arskal Salim GP saat membuka dan memberikan arahan dihadapan peserta workshop penyusunan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) PTKIN se-Indonesia di Jember (Sabtu, 11 Agustus 2018).

Renstra Ditjen Pendis diarahkan dan didorong pada Mutu, Relevansi dan Akses.

“Ketiga hal tersebut untuk yang pertama sejalan dengan seluruh pergerakan dan penguatan yg dilakukan oleh Forum Penjaminan Mutu dan berkoordinasi dengan Subdit Kelembagaan dan Kerjasama, utamanya tentang penjaminan mutu, ” jelas Guru Besar UIN Syahid.

Sesuai dengan Renstra Ditjen Pendidikan Islam Kemenag akan melakukan peningkatan tata kelola dan kapasitas kelembagaan serta perluasan akses PTKIN tahun 2020.

“PTKIN dengan keunggulan lokal 2025, PTKIN dengan keunggulan regional 2030 dan keunggulan International (WCU) 2035,” tambah Arskal.

Workshop penyusunan SPMI ini adalah salah satu program penguatan akreditasi yang lebih baik (Unggul dan Baik Sekali), dari kegiatan ini diharapkan seluruh PTKIN segera memiliki dokumen SPMI.

Selain hal tersebut Arskal Salim juga menyampaikan bahwa jumlah Guru Besar yang saat ini dimiliki oleh PTKIN masih jauh dari harapan.

“Dalam rangka menyikapi hal tersebut Direktorat PTKI menyelenggarakan program akselerasi Guru Besar yang akan diselenggarakan di Perguruan Tinggi kawasan Asia Tenggara,” ungkap Arskal.

Terkait dengan perubahan nomenklatur program studi Arskal meminta kepada seluruh pimpinan segara mengajukan perubahan nomenklatur program studi sesuai dengan PMA terakhir kepada Dirjen Pendidikan Islam Cq. Direktur PTKI agar dalam proses akreditasi tidak terhambat.

“Kemenag akan memberikan dukungan regulasi, SDM dan finansial untuk percepatan akreditasi PTKI”, jelasnya.

Sementara Agus Sholeh kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama berharap seluruh pimpinan PTKIN memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu bersama-sama.

“Kami akan terus melakukan pendampingan guna kesuksesan kita memperoleh nilai akreditasi yang terbaik,” harapnya. (lip/abu).

(Visited 43 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *