Peringati HPN 2018, PWI Pasuruan Gelar Donor Darah

Reporter : Sugeng Hariyono

Editor : Titin Sukmawati

 

Pasuruan, Kabarpas.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Pasuruan melakukan kegiatan donor darah di kantor PWI Perwakilan Pasuruan, di alun-alun utara, Kota Pasuruan, Selasa (7/8/2018). Kegiatan sosial kemanusiaan ini digelar dalam rangka serangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2018.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian rasa simpati dan solidaritas kepada warga yang sangat membutuhkan. Karena, setetes darah kita bisa menyelamatkan jiwa mereka dan sangat berguna bagi orang lain yang membutuhkannya,” tandas Ketua PWI Perwakilan Pasuruan, Joko Hariyanto kepada Kabarpas.com.

Bakti sosial tersebut juga sekaligus menyambut Kemerdekaan RI ke-73. Termasuk pula turut serta menjaga kedekatan jurnalis dengan berbagai lapisan masyarakat. “Komunikasi dengan masyarakat seperti ini harus terus dilakukan,” ujar  Joko Hariyanto.

Ketua Pelaksana Donor Darah, Abdus Syukur menyatakan aksi sosial donor kali ini berlangsung melampaui target. Bersama PMI Kota Pasuruan, PWI Pasuruan awalnya hanya menyediakan kurang 100 kantong untuk pendonor. Namun, belakangan darah yang telah terkumpul selama hampir empat jam itu, mencapai 120 kantong.

“Partisipasinya luar biasa. Kami bersama-sama, mengajak TNI kepolisian selain dari Pemkot dan Pemkab Pasuruan serta warga sekitar. Hasilnya, sebanyak 120 ampul darah terkumpulkan. Bahkan, PMI tadi itu mengambil kantong darah lagi, karena ampulnya kurang,” kata Abdus Syukur.

 

Sementara, Kepala Unit Transfusi Darah (UTD), PMI Kota Pasuruan, Nunung Sulistiawan menyampaikan kegiatan donor darah yang dilakukan PWI Perwakilan Pasuruan sangat membantu lembaganya dalam menyediakan stok darah. Apalagi, hasil kegiatan ini akan disalurkan kepada korban gempa bumi di NTB.

“Aksi sosial kawan PWI Pasuruan ini luar biasa, karena dari hasil ini ditunggu untuk saudara kita di NTB. Selanjutnya, hasil kegiatan bakti sosial ini akan kami serahkan ke PMI Jawa Timur. Kemudian diberikan ke korban gempa di NTB,” urai Nunung Sulistiawan. (adv).

(Visited 24 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *