Warga Binaan Lapas Banyuwangi Hasilkan Inovasi Batik

Reporter : Dhonny Martha

Editor : Memey Mega

Banyuwangi Kabarpas.com – Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Banyuwangi terus berinovasi dalam mengembangkan kerajinan membatik. Sebanyak 25 orang pengrajin batik binaan Lapas kelas II B Banyuwangi pagi tadi Sabtu (7/7/2018) di aula Suharjo menggelar kerajinan batik dengan motif sepuluh spesifikasi pakemnya batik Banyuwangi.

Kalapas Banyuwangi, Kt Akbar Herry Akhyar mengatakan jika batik yang di kerjakan oleh warga binaannya tidak merubah spek atau pakemnya batik Banyuwangi.

“Kami tidak merubah pakemnya motif batik Banyuwangi hanya saja kami menambah ciri khas batik Lapas Banyuwangi,” ujar Akbar.

Menurutnya ada dua belas pakem spesifikasi batik Banyuwangi namun pihaknya hanya mengerjakan sepuluh item motif batik termasuk motif Gajah Oleng. Kegiatan membatik ini menurut akbar dikerjakan oleh warga binaannya, ia berharap kelak mereka bisa mengembangkan jika sudah di luar sana dengan segala kemampuan yang ada serta ilmu selama mereka dalam binaan Lapas Banyuwangi.

“Kegiatan membatik ini kami yang menyiapkan bahannya untuk di batik, dan kegiatan membatik ini merupakan salah satu kraktifitas yang sudah berjalan selama ini, termasuk melukis kerajinan, ukir kayu, dan masih banyak yang lainnya,” tuturnya.

Sementara itu di tempat terpisah warga binaan Lapas ini juga sibuk dengan kegiatan lain. Group Ragge Jeruji dengan musisi dan vokalisnya warga binaan Lapas Banyuwangi di panggung pentas Lapas merilis sebuah album dengan video Klipnya.

“Kami akan memunculkan kepermukaan Group Ragge Jeruji, dan lagu harus ciptaan sendiri,” lanjutnya.

Ia berharap selain lagu ciptaan warga binaannya group ini mampu membuat Album sesuai dengan yang ia harapkan.

“Lagu yang telah di ciptakan sudah banyak, kami akan mencoba untuk menerbitkan album yang berjudul Anak Raja,” terangnya.

“Dan bila ada yang ingin membeli album ciptaan warga binaan kami, akan kami lepas,” imbuh Akbar.

Menurut Akbar ada lima kelompok musik musik binaan Lapas Banyuwangi diantaranya Group Band Kapok, Ragge Jeruji, Akuistik Jeruji, Angklung Jeruji, dan Hadrah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *