KPU Probolinggo Distribusikan Logistik Pilkada Serentak 2018

Reporter : Amelia Putri

Editor : Anis Natasya

 

Probolinggo, Kabarpas.com – Jelang pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Probolinggo, KPU Kabupaten Probolinggo mulai mendistribusikan logistik kotak suara Pilgub dan Pilbup pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 ke 24 PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) di Kabupaten Probolinggo.

Prosesi distribusi ini ditandai dengan pengguntingan untaian bunga dan pelepasan rombongan armada truk logistik oleh Ketua KPU Kabupaten Probolinggo HM. Zubaidi, Pj. Bupati Probolinggo R. Tjahjo Widodo SH M.Hum, Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad dan Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo Zaini Gunawan.

Dalam sambutannya Pj Bupati Probolinggo Tjahjo Widodo SH M.Hum menyampaikan rasa syukur atas kesiapan seluruh elemen dalam mendukung kelancaran dan terlaksananya pemilihan serentak tahun 2018 yang berkualitas di Kabupaten Probolinggo.

Terkait kegiatan pelaksanaan distribusi logistik kotak suara ini pihaknya berharap agar distribusi ini berjalan lancar, aman, sukses dan selamat.

“Alhamdulillah KPU, Bawaslu telah siap, Pak Kapolres, Pak Dandim serta TNI/Polri sebagai fungi Pengamanan juga siap, kita doakan semoga distribusi logistik ini benar-benar aman lancar dan berhasil menyelenggarakan pilkada yang berkualitas,” ungkap Tjahjo Widodo.

Dalam kesempatan yang sama HM. Zubaidi menerangkan, pendistribusian ini dibagi menjadi dua hari. Karena pertimbangan geografis dan jarak tempuh, pada tahap pertama ini diprioritaskan untuk PPK di 12 kecamatan yang berada di dataran tinggi. Kemudian untuk 12 kecamatan lainnya akan dilaksanakan pada hari ini (Senin (25/06/2018).

Guna memperlancar proses distribusi ini KPU bekerja sama dengan PT. Pos Indonesia dan TNI/Polri untuk mengawal perjalanan masing-masing truk logistik. Distribusi hari pertama, Minggu (24/06/2018) disampaikan ke 12 PPK antara lain Kecamatan Sukapura, Sumber, Kuripan, Bantaran, Lumbang, Tiris, Krucil, Pakuniran, Kotaanyar, Tegalsiwalan, Banyuanyar dan Leces.

“Masing-masing PPK akan menerima paket amplop surat suara sejumlah DPT ditambah 2,5 % DPT Gubernur dan Bupati, paket formulir Model C dan C1, DPT A3 ATK untuk kebutuhan pemilihan serentak tanggal 27 Juni 2018 nanti,” katanya.

Zubaidi menambahkan, untuk efisiensi waktu saat ini secara bersamaan pihaknya langsung menyiapkan dan packing logistik untuk distribusi gelombang berikutnya. Diharapkan pendistribusian logistik tahap pertama ini akan selesai sebelum maghrib.

Sementara Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad menjelaskan, masing-masing unit armada dikawal oleh satu mobil patroli dengan 4 anggota di dalamnya. rombongan harus langsung menuju kecamatan yang ditentukan tanpa berhenti.

“Kami juga telah perintahkan, sesampainya di lokasi yang ditetapkan harus jelas siapa yang menerima dan siapa yang sedang bertugas saat itu, dengan di buatkan juga berita acara penyerahan saat itu,” tegasnya.

Pola pengamanan itu kata Fadly Samad juga akan diterapkan pada saat distribusi logistik pemilu dari PPK menuju PPS di masing-masing desa pada kecamatan setempat. Dalam proses itu pun akan ada pengawalan oleh minimal dua orang anggota. “Saya optimis inshaa Allah pelaksanaan pemilukada serentak 2018 akan berlangsung aman, lancar, sehingga bisa mendapatkan pimpinan yang sesuai dengan aspirasi masyarakat Kabupaten Probolinggo,” harapnya.

Senada dengan itu pula, Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo, Zaini Gunawan mengakui juga telah mengerahkan semua jajarannya di setiap PPK dan PPS . Hal ini dimaksudkan agar mobilisasi logistik ini aman terkendali tanpa ada permasalahan yang diinginkan.

“Semua kami kerahkan mulai dari Panwas cam, PPL, maupun PTPS mulai hari ini sudah mulai aktif di Kecamatan untuk melaksanakan fungsi pengawasan,” tandasnya. (mel/nis).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *