Kupatan, Masyarakat Lekok Kembali Gelar Lomba Skilot

Reporter : Abdur Rozaq

Editor : Agus Harianto

 

Pasuruan, Kabarpas.com – Sudah menjadi tradisi puluhan tahun, lebaran kupat kali ini masyarakat Lekok kembali menggelar lomba skilot atau adu cepat mengayuh papan di atas lumpur tambak.

Lomba khas ini mengandalkan kecepatan peserta dalam mengayuh papan di atas lumpur tambak yang masih digenangi air.

Camat Lekok, Muhammad Nur Kholis, menjelaskan, tradisi ini sudah berlangsung sejak era 90-an.

“Sudah menjadi tradisi sejak puluhan tahun lalu, mas. Awalnya terinspirasi oleh aktivitas warga ketika mencari kerang di pantai, lalu kami berinisiatif untuk dilombakan,” terangnya kepada Kabarpas.com.

Ditanya mengenai upaya pemerintah dalam mengembangkan wisata lokal ini, pria setengah itu menjelaskan, pihaknya telah bekerja sama dengan pemerintah desa Tambak Lekok dan pemerintah daerah. Bahkan lokasi lomba yang merupakan lahan tambak adalah aset pemerintah daerah.

“Setiap tahun kami berupaya meningkatkan kenyamanan para pengunjung. Salah satunya kami berupaya membangun plengsengan di sekitar arena lomba. Kedepan, kami punya impian bisa mengembangkan wisata ini lebih intens. Kalau bisa seperti di Bali. Sebab ini khas, selain di sini insya Allah belum ada,” ujarnya.

Sementara itu, Muhammad Ali, Kepala Desa Tambak Lekok mengatakan lomba ini gratis. Setiap peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

”Peserta yang beruntung menjadi juara 1, berhak mendapat uang pembinaan satu juta rupiah,” jelasnya kepada Kabarpas.com pada Jumat (22/6/2018)

Disinggung masalah keamanan, pria berkumis itu telah mengantisipasi dengan mengerahkan personel linmas beserta beberapa personel dari polsek dan koramil Lekok. “Selain dari linmas, kami juga meminta bantuan dari polsek dan koramil,” imbuhnya.

Dari pantauan Kabarpas.com, animo masyarakat cukup tinggi untuk menyaksikan lomba unik ini. Penonton datang dari berbagai wilayah Lekok, bahkan berasal dari luar kecamatan,
salah satunya adalah Rian, warga Nguling.

Lomba skilot ini juga dirangkai dengan lomba tarik tambang dan pagelaran panggung hiburan elekton. (zaq/tin).

(Visited 11 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *