Keren, Siswa SD Al-Kautsar Raih Juara Pertama Lomba Robot Tingkat Nasional

1.345 views

Reporter : Ajo
Editor : Titin Sukmawati

 

Pasuruan, Kabarpas.com – Siswa sekolah favorit SD Al Kautsar Kota Pasuruan kembali menorehkan prestasi. Kali ini, siswanya bernama Naura Zebadia Salsabila berhasil meraih juara pertama Lomba Robot Nasional (Baronas), yang digelar Fakultas Teknik Elektro ITS Surabaya di Gedung Robotik, beberapa waktu lalu.

Dalam ajang yang diikuti oleh 168 peserta dari seluruh Indonesia itu, Naura Zebadia Salsabila mengikuti di kategori robotik tingkat SD pada perlombaan Line Tracer Analog. Robot jenis ini harus mampu menyusuri garis dengan membedakan warna antara garis dengan lantai.

Selain itu, sejatinya di ajang ini SD Al Kautsar mengirimkan empat siswa yaitu Kaysan Nawfal Ali, M Yusuf Arya Putra, Risqy Qorina Shofi B, Naura Zebadia Salsabila. Mereka masih duduk dikelas 4. Peserta dalam lomba ini dibagi menjadi empat kategori yakni pelajar SD, SMP, SMA, dan umum.

Jenis robot yang dilombakan untuk masing-masing kategori berbeda. Untuk siswa SD, robot yang dilombakan adalah jenis Line Tracer Analog (LTA). Robot untuk kategori ini diuji dengan menyusuri garis warna.

Semula, untuk kualifikasi pertama dilaksanakan pada Sabtu 31 Maret 2018 lalu. Seluruh peserta menunjukkan kebolehannya menjalankan robotnya untuk mengumpulkan poin. Dari babak ini diambil poin 32 besar, 16 besar, 8 besar, 4 besar.

Hingga penentuan dari 4 besar tersebut robot Naura Zebadia Salsabila sari SD Al Kautsar mendapatkan juara 1 kategori robotik Tingkat SD pada perlombaan Line Tracer Analog.

“Saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pelatih ekstrakurikuler robotik, yaitu Pak Ali, Pak Vito dan Koordinator Ekstrakurikuler Pak Romzi yang telah membina siswa hingga mencapai juara,” kata Suyatno, Kepala SD Al Kautsar kepada Kabarpas.com.

Sementara itu, Mohamad Ali Akhsani, selaku pembina Exkul Robotic di sekolah favorit SD Al-Kautsar mengaku, semula tidak menyangka bahwa siswa binaanya itu berhasil menorehkan prestasi juara 1 di tingkat nasional.

“Saat latihan memang sudah yakin kalau akan dapat point, hanya saja saat itu nggak nyangka kalau akhirnya bisa juara 1,” terangnya kepada Kabarpas.com dengan tersenyum.

Untuk sekadar diketahui, Ekstrakurikuler Robotik di SD Al Kautsar sudah diadakan sejak tahun 2010. Meraka diajari membuat robot mulai dari nol hingga jadi. Untuk percobaan sejak dulu anak-anak diajak merakit robot dari yang sederhana mulai robot sikat gigi.

Robot ini dibuat dari sikat gigi bekas digerakkan menggunakan komponen getar HP bekas. Robot mobil Line Tracer anak-anak menggunakan mobil-mobilan dirakit dan diberi alat tambahan berupa sensor untuk mengenali garis. (adv).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *