Pemkab Probolinggo Fasilitasi Pendampingan Pemberkasan Serah Terima Pengurus KPRI Sehat

Reporter : Ananda Hizbul Khofie
Editor : Anis Natasya

Probolinggo, Kabarpas.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro memberikan fasilitasi pendampingan pemberkasan serah terima dari pengurus lama ke pengurus baru Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Sehat Kecamatan Sumberasih.

Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi pada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Setiadi Agus Prakoso mengatakan fasilitasi ini dimaksudkan untuk menciptakan tertib administrasi dari pengurus lama kepada pengurus baru sehingga tidak ada lagi data yang tertinggal dan tidak muncul masalah di kemudian hari.

“Pemberkasan ini dilengkapi dengan laporan keuangan yang diputar dalam rapat anggota ditambah berkas laporan keuangan bulan terakhir pada saat dilakukan serah terima jabatan pengurus,” katanya.

Pemberkasan ini juga menyuguhkan rincian detail masing-masing anggota yang terdaftar di buku piutang anggota, dilengkapi pula daftar masing-masing anggota terhadap simpanan pokok dan simpanan wajib maupun simpanan lebaran. Sekaligus rekening koran terhadap buku rekening bank.

“Semua itu tertuang dalam satu paket untuk diserah terimakan kepada pengurus baru sehingga tercermin bahwa koperasi sudah tercipta akuntabilitas dan transparansi,” jelasnya.

Dalam pemberkasan ini pihaknya hanya bersifat melakukan verifikasi sekaligus validasi kelengkapan pemberkasan. Semua ini sifatnya wajib setiap ada pergantian pengurus untuk menghindari kesalahpahaman di kepengurusan yang baru. Kebijakan ini mulai diberlakukan mulai awal tahun 2018.

“Harapannya semua koperasi di Kabupaten Probolinggo sudah melakukan hal tersebut terkait serah terima dari pengurus lama ke pengurus lama. Sekaligus dilengkapi dengan hasil audit yang dilakukan oleh kantor akuntan publik independen,” harapnya. (fie/nis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *