Miris, Seribu Orang Mati Masuk DPS Pilkada di Kabupaten Pasuruan

Reporter : Arif Hidayat

Editor : Agus Harianto

 

Pasuruan, Kabarpas.com – Proses verifikasi dan validasi data daftar pemilih sementara (DPS) Pilkada terus dilakukan. Dalam prosesnya verifikasi ditemukan sebanyak 1.400 lebih nama orang yang sudah mati masuk DPS.

“Temuan seperti itu harus segera ditindaklanjuti KPU sebelum penetapan DPT (daftar pemilih tetap) Pilkada 2018,” kata Ketua Panwaslu Kabupaten Pasuruan, Ahmari, Selasa (10/4/2018).

Ahmari mengungkapkan perkembangan data pemilih memang sangat dinamis. Data selalu bergerak setiap hari. Verifikasi dan validasi harus dilakukan dengan sangat teliti sebelum jadi DPT.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Pasuruan Winaryo Sujoko mengungkapkan pihaknya memastikan akan menghapus nama-nama orang mati yang masuk DPS.

“Ya pastinya kana diperbaiki. Nama-nama itu akan kita hapus,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga menemukan ada banyak warga yang sudah masuk data base kependudukan namun belum merekam data agar mendapatkan surat keterangan pengganti KTP-e.

“Dispendukcapil sudah jemput bola merekam data mereka. Rata-rata yang belum merekam usaianya di atas 60 tahun. Mungkin bisa didatangi ke rumahnya,” pungkasnya. (rif/gus).

(Visited 6 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *