Pramuka Kabupaten Probolinggo Sosialisasikan SIPA

Reporter : Amelia Putri
Editor : Anis Natasya

Probolinggo, Kabarpas.com – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo bekerja sama dengan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi sekaligus pelatihan Sistem Pengelolaan Anggota Gerakan Pramuka (SIPA) di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Senin dan Selasa (2-3/4/2018).

Kegiatan yang mengambil tema “Gerakan Kembali ke Gugus Depan, Pramuka Probolinggo Siap Kera dan Berprestasi” ini diikuti oleh 1.000 orang anggota pramuka dan dibagi dalam 2 (dua) gelombang. Para anggota pramuka ini berasal dari tingkat SD/MI, SMP/MTs serta SMA/MA/SMA se-Kabupaten Probolinggo.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur Kak AR Purmadi, Plt Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Dewi Korina beserta segenap jajaran pengurus.

Plt Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Dewi Korina mengatakan saat ini gerakan pramuka berada di jaman now. Semuanya sudah berbasis IT termasuk sistem informasi data keanggotaannya. Meskipun terkadang ada ganggungan jaringan, tetapi pramuka pantang menyerah.

“Kesulitan dan kendala pasti selalu ada, tetapi semangat harus terus membara. Sistem informasi harus dilakukan dengan harapan gerakan pramuka menjadi bagian dari penguatan karakter bangsa. Tentu ini harus betul-betul menjadi gerakan revolusi mental dan karakter bangsa,” katanya.

Dewi Korina menyampaikan bahwa Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo ikut ambil bagian dalam kegiatan aksi lingkungan 1.000.000 pembuatan lubang resapan biopori (LRB) pramuka Jawa Timur. Dimana untuk Probolinggo semula 27.000 LRB ditambah oleh Kwarda Jatim sejumlah 27.000 LRB sehingga menjadi 54.000 LRB.

“Atas dukungan jajaran kwartir cabang, kwartir ranting, pangkalan gugus depan SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA serta perguruan tinggi dapat diselesaikan dengan capaian 97% atau 52.381 LRB,” terangnya.

Sementara Plt Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur Purmadi menyampaikan pada prinsipnya sesuai dengan Undang-undang Nomor 12 tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka, kedudukan organisasi pramuka fokus kepada pendidikan dan gerakan metode yang digagas oleh kepemudaan.

“Gerakan pramuka ini pada dasarnya memiliki 4 (empat) tugas pokok meliputi pembinaan karakter, menanamkan wawasan kebangsaan, skill (ketrampilan) serta peduli lingkungan. Program SIPA ini penting karena berkaitan dengan pendataan seluruh anggota pramuka, khususnya yang ada di Jawa Timur,” ungkapnya.

Purmadi menambahkan saat ini pramuka sudah ada di era digital. Dimana pramuka akan ketinggalan jika tidak masuk ke dalamnya. Inovasi menadi penting dan sangat mutlak untuk dilakukan. “Tanpa inovasi kita akan ketinggaan. Sehingga jika tidak ingin ketinggalan, inovasi menjadi hal yang sangat penting,” tukasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan tropy dan piagam penghargaan bagi pemenang lomba biopori Pramuka Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo untuk tingkat SMA/SMK/MA, tingkat SMP/MTs dan tingkat SD/MI se-Kabupaten Probolinggo. (mel/nis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *