Ini Aksi Nyata Sejumlah Aktifis Lingkungan di Pasuruan Bersama Aqua Lakukan Konservasi

290 views

Reporter : Joko Santoso

Editor : Titin Sukmawati

 

Pasuruan, Kabarpas.com – Aktifitas sosial yang kurang mempertimbangkan masalah ekologi alam dan lingkungan, selalu menimbulkan dampak negatif bagi keberlangsungan hidup. Atas kondisi itulah, sejumlah aktifis lingkungan di Kabupaten Pasuruan yang dimotori oleh Yayasan Satu Daun bekerjasama dengan PT Tirta Investama (Aqua) Pabrik Pandaan, menyelenggarakan aksi nyata peduli lingkungan di wilayah Kabupaten Pasuruan.

“Kali ini kami menyelenggarakan acara Closing Program Konservasi Tahun 2017. Tujuanya, selain menjelang Hari Kehutanan Dunia 2018. Juga pelaporan kegiatan konservasi 2017. Serta deklarasi kader konservasi Sahabat Alam Desa Dayurejo,” kata Diyono Yusuf, Koordinator Program Yayasan Satu Daun kepada Kabarpas.com, Selasa (13/03/2018).

Acara yang diselenggarakan di Jalan Jenglong, Dusun Gutean, Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan tersebut, juga diikuti oleh Perum Perhutani, KPH Pasuruan beserta komunitas Sahabat Alam.

Dijelaskan, hutan menjadi bagian yang sangat penting dari kehidupan di Bumi, di mana sekitar sepertiga permukaan Bumi ditutupi oleh hutan. Hutan juga menjadi rumah bagi dua pertiga spesies darat di seluruh dunia. Oleh karena itu tak heran jika hutan disebut sebagai gudangnya keanekaragaman hayati bagi Bumi.

“Untuk itu progam kami dengan konsep keanekaragaman hayati ini bikin bangga mengembalikan bentuk fisik lingkungan dan hutan tersebut lebih bervariasi dengan konsep penanaman 30.000 pohon dibagi tiga desa. Dan pembuatan 500 biopari. Setelah itu kami bekerja sama dengan pertanian dan masyarakat untuk merawat dan mengasuh sampai akhirnya benar -benar hidup,” terangnya.

Pihaknya berharap melalui kegiatan semacam ini, agar apa yang telah ditanam supaya dirawat sebagai bentuk rasa cinta lingkungan terhadap kebudayaan alam. “Selain itu kami juga berharap agar bisa turut aktif dalam memberikan pemahaman, untuk membudayakan kesadaran lingkungan kepada masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala PT Tirta Investama (Aqua) Pandaan, Aditya Lukmansyah mengungkapkan,  acara ini juga sekaligus dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Aqua ke-45. Sehingga melalui acara ini pula, dilakukan pemberian reward untuk para karyawan yang sudah lama mengabdi di pabrik Aqua.

“Melalui acara ini kami juga memberikan penghargaan untuk 90 karyawan, yang sudah mengabdi lama antara 20 sampai 30 tahun di Aqua. Semoga penghargaan ini bisa bermanfaat bagi mereka,” pungkasnya. (adv).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *