Dinkes Kota Pasuruan Gelar Gerakan Peduli Tuberkulosis untuk Indonesia Sehat

253 views

Reporter : Rendy Jaelani

Editor : Titin Sukmawati

 

Pasuruan, Kabarpas.com – Guna Memperingati Hari Tuberkulosis se-Dunia. Dinas Kesehatan Kota Pasuruan mengadakan pertemuan Sosialisasi Gerakan Ketuk Pintu yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

Dalam acara itu, pihak Dinkes menyebut bahwa Tuberkulosis banyak menyerang anak-anak. Namun, dari data yang ada kasus penderita Tuberkulosis di wilayah setempat dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan.

“Untuk tahun 2015 61 kasus, 2016 53 kasus, dan di tahun 2017 49 kasus,” ujar Kuswandi Kepala Seksi Penyakit Menular Dinkes Kota Pasuruan kepada Kabarpas.com, Selasa (13/03/2018).

Acara ini dihadiri oleh semua Kader Puskesmas dan Rumah Sakit di bidang terkait. Sementara pada bulan ini sampai dengan April 2018 mendatang akan dilaksanakan kegiatan ketuk pintu di beberapa Kelurahan dari masing-masing Puskesmas. Bagi Kelurahan yang belum digerakkan kadernya akan dilaksanakan di tahap berikutnya.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk menemukan penderita penyakit TB dan segera ditangani dengan TOSS (Temukan, Obati, Sampai Sembuh). Karena diharapkan pada tahun 2035 nanti Kota Pasuruan bebas Tuberkulosis,” pungkasnya. (ren/tin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *