Waspadai Hoax, Kapolres Probolinggo Kota Pelopori Gerakan Warung Bersih

Reporter : Ali Mahfudz
Editor : Anis Natasya

Probolinggo, Kabarpas.com – Gerakan Warung Bersih (No Miras, No Sara, No Hoax dan No Hate Speech) dicanangkan oleh Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal. Pada Selasa (6/3/18) di Café Celsius Kota Probolinggo, Polres Probolinggo Kota menggelar acara Gerakan Warkop Bersih tersebut dengan puluhan netizen dan awak media baik media cetak, elektronik maupun siber. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memelihara Kamtibmas menjelang Pilkada Serentak di Kota Probolinggo tahun 2018.

Acara diawali dengan sambutan Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal yang menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai implementasi program parameter dan manajemen media. Dimana Kapolres menyampaikan pentingnya menjalin silaturahmi dengan para awak media dan netizen terutama menjelang Pemilu 2018.

Kapolres menilai, awak media dan netizen memiliki peran penting dalam membantu tugas polisi di dunia maya. Yakni, memberikan dan menyampaikan informasi kepada masyarakat secara luas. “Disampaikan pula peran netizen dalam mengenali dan mencegah berita Hoax, Sara dan Hate Speech sangatlah penting karena berita-berita Hoax dapat menimbulkan gangguan keamanan,” jelas Kapolres.

Menurut Kapolres Probolinggo Kota, kekuatan media baik itu cetak, elektronik maupun siber jelang pilkada saat ini sangat mempengaruhi opini publik. Oleh karena itu Kapolres Probolinggo Kota berharap semua elemen media bisa saling menjaga agar situasi kamtibmas yang sudah aman agar tetap aman sampai berakhirnya Tahapan Pilkada 2018.

“Mendekati Pilkada 2018, teman-teman media agar betul-betul memahami apakah berita yang kita share itu sudah sesuai fakta, setengah-setengah atau tidak betul sama sekali. Kita harus memfilterkan, karena potensi keributan biasanya dipicu hanya masalah sepele,” Kata Kapolres Probolinggo Kota.

Sementara itu perwakilan Netizen, Erwin menyampaikan, adanya pembelajaran kepada para penggiat netizen tentang pembelajaran bagaimana cara mengenali apakah berita itu Hoax atau tidak. Erwin juga menyampaikan rasa terima kasih yang sangat besar atas partisipasi Polres Probolinggo Kota dalam kegiatan sosial netizen ILK.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sangat besar kepada Bapak Kapolresta Probolinggo dan jajarannya karena selamai ini sudah mendukung baik secara langsung maupun tidak langsung semua kegiatan social Netizen ILK. Kami berharap kedepannya agar bisa lebih ditingkatkan lagi kerjasama yang sudah terjalin ini demi menjaga situasi kamtibmas Kota Probolinggo agar tetap aman selama penyelenggaraan Pemilu 2018,” tegas Erwin. (fudz/nis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *