Melahirkan di RSU Wonolangan, Pasien Dapat KK dan Akte Kelahiran

87 views

Reporter : Ali Mahfudz
Editor : Anis Natasya

Probolinggo, Kabarpas.com – Kabar baik bagi masyarakat yang sedang melakukan persalinan di Rumah Sakit Umum (RSU) Wonolangan Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. Sebab begitu pulang dari rumah sakit tersebut, pasien sudah mendapatkan Kartu Keluarga (KK) dan Akte Kelahiran anaknya.

Humas RSU Wonolangan I Nyoman Suasti A menyampaikan pelayanan KK dan Akte Kelahiran ini diberikan setelah pihak rumah sakit menjalin kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Probolinggo dalam hal penerbitan KK dan Akte Kelahiran.

“Kerja sama ini kami lakukan dalam rangka untuk mempercepat proses pengurusan dokumen kependudukan pasien yang melakukan persalinan disini berupa KK dan Akte Kelahiran,” kata Nyoman, Selasa (13/2/2018).

Dengan pelayanan ini Nyoman mengharapkan sebelum pasien keluar dari rumah sakit, dokumen kependudukan mulai dari KK dan Akte Kelahiran sudah bisa dimiliki. “Pelayanan ini merupakan salah satu upaya yang kami lakukan agar masyarakat bisa segera memiliki KK dan Akte Kelahiran bagi anaknya,” harap Nyoman.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Probolinggo Slamet Riyadi mengatakan pelayanan pendaftaran KK dan Akte Kelahiran oleh RSU Wonolangan ini dimaksudkan untuk mempermudah dan mempercepat proses pengurusan akte kelahiran bayi. Sehingga bayi yang baru lahir sudah cepat memiliki Akte Kelahiran.

“Setiap ada persalinan warga Kabupaten Probolinggo, pihak RSU Wonolangan langsung melapor dan membawa berkas ke kantor untuk cetak KK baru dan Akte Kelahiran. Pelayanan ini lebih ke manual daripada online karena memang dekat kantor,” kata Slamet.

Dengan adanya pelayanan KK dan akte kelahiran dari RSU Wonolangan ini Slamet mengharapkan agar masyarakat Kabupaten Probolinggo bisa mempunyai akte kelahiran, terutama bayi yang baru lahir. “Kepemilikan dokumen kependudukan ini merupakan hak dari masyarakat,” terang Slamet. (fudz/nis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *