Ini Cara Grup Hadrah Probolinggo Berikan Hiburan Positif

148 views

Reporter : Ali Mahfudz
Editor : Anis Natasya

Probolinggo, Kabarpas.com – Merayakan malam tahun baru tidak harus dengan berhura-hura dan kebut-kebutan di jalan raya yang pada akhirnya dapat menggangu orang lain yang sedang istirahat. Namun cara itu bisa dilakukan dengan bersholawat bersama agar pada tahun yang akan datang bisa semakin baik.

Cara itulah yang dilakukan oleh puluhan grup hadrah yang ada di Kabupaten Probolinggo, Minggu (31/12/2017) malam. Untuk menyambut Tahun Baru 2018, para grup hadrah ini kompak melakukan parade hadrah on the street.

Digawangi oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo, para grup hadrah ini mengambil start di Pondok Hati Kraksaan Kabupaten Probolinggo dan finish di Alun-alun Kota Kraksaan.

Menariknya lagi, sebelum parade hadrah dimulai, para peserta terlebih dahulu melaksanakan sholat Maghrib, Isya, Tasbih dan Hajat berjamaah di Masjid Bin Aminuddin di Pondok Hati Kraksaan.

Pelepasan parade Hadrah On The Street ini dihadiri oleh Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari didampingi suaminya Hasan Aminuddin. Serta Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo Santoso, Sekda Kabupaten Probolinggo Soeparwiyono dan sejumlah pejabat di Pemkab Probolinggo.

Sesampainya di garis finish Alun-alun Kota Kraksaan, mereka dihibur oleh Orkestra Suara Hati dan beberapa hiburan lainnya hingga detik-detik pergantian tahun. Aksi para grup hadrah ini memancing animo masyarakat untuk berduyun-duyun menyaksikan dari dekat dengan memenuhi kanan dan kiri jalan sepanjang rute yang dilaluinya.

Dalam sambutannya Hasan Aminuddin menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai syiar agama melalui kesenian hadrah dan sebagai media hiburan bagi masyarakat dalam menyambut tahun baru 2018. Serta sebuah strategi untuk mengurangi angka kriminal dalam merayakan tahun baru 2018.

“Keterlibatan pemuda itu sangat penting sehingga anak-anak muda itu kemana-mana untuk mencari hiburan di malam tahun baru 2018. Kegiatan semacam ini sangatlah diperlukan untuk memberikan hiburan kepada masyarakat, terutama pada generasi muda,” kata Hasan. (fudz/nis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *