Dua Penumpang Kapal Tenggelam, Ini Yang Dilakukan Tim IRT ASDP Ketapang

Reporter : Pendik
Editor : Memey Mega

Banyuwangi, Kabarpas.com – Tim Gabungan Intergrated Rescue Tim atau IRT selamatkan dua orang penumpang yang terpeleset dari KMP Nusa Dua di perairan Selat Bali. Penyelamatan ini sebelumnya di lakukan lantaran ada laporan dari nahkoda kapal ke Posko IRT.

Setelah mendapatkan briefing dari kordinator IRT ASDP Ketapang, Banyuwangi, AKP Subandi tim langsung melakukan tindakan penyelamatan menggunakan KP X-1033, KP X-1006, Rubber Boat Basarnas, dan Perahu Karet TNI-AL.

Tak berselang lama kedua korban dapat di selamatkan dengan kondisi pingsan dan lemas dan segera dibawa menuju penyelamatan medis milik Polisi Militer Angkatan Darat.

Namun ternyata, kejadian tengelamnya dua orang penumpang kapal ini bukanlah musibah kecelakaan yang nyata, kejadian tersebut merupakan simulasi penyelamatan yang digelar oleh Tim IRT ASDP Ketapang Banyuwangi.

Menurut kordinator Tim IRT ASDP Ketapang, Banyuwangi, AKP Subandi menjelaskan, Tim IRT merupakan tim keslamatan cepat gabungan dari Polair Polres Banyuwangi, TNI-AL, Basarnas, Polisi Militer Angkatan Darat, Kesehatan Pelabuhan, dan Syahbandar. Simulasi ini di gelar guna untuk meningkatkan kekompakan tim, untuk tindakan penyelamatan di perairan Selat bali.

“Sebenarnya tim IRT sudah kompak dalam segi penyelamatan korban tenggelam dan hal-hal yang berkaitan dengan bencana, kecelakaan di perairan Selat Bali. Namun simulasi ini dilaksanakn agar tim lebih kompak lagi,” tgas AKP Subani kepada kabarpas.com biro Banyuwangi Senin (25/12/17)

Perlu diketahui Tim IRT ASDP Ketapang, Banyuwangi, dilaounching sejak dua tahun lalu dan di cetuskan oleh perwira Polres Banyuwangi berpangkat balok tiga yakni AKP Subandi, M.Si. (Pen/Mey)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *