Hasan Aminuddin Sang Inspirator Pembangunan Daerah

Reporter : Ali Mahfudz
Editor : Anis Natasya

Probolinggo, Kabarpas.com – Ramah dan murah senyum merupakan karakter sosok H. Hasan Aminudin yang sangat disanjung masyarakat di Kabupaten Probolinggo. Sosok itulah yang dimiliki mantan Bupati Probolinggo di 2 (dua) periode tersebut. Kepiawaiannya dalam menyikapi semua persoalan menjadikan dirinya sangat disegani bawahan dan masyarakatnya.

Bukan hanya itu, realita hasil pembangunan yang telah dicapai selama masa kepemimpinanya telah menjadikan Kabupaten Probolinggo ini mampu dan bisa sejajar dengan kabupaten/kota lain di Provinsi Jawa Timur.

Disisi lain, tekadnya membangun Jawa Timur bukan hanya isapan jempol semata, tujuan mulia yang ingin dicapainya untuk membuka lapangan pekerjaan sehingga masyarakat bisa lebih sejahtera baik yang berada di pelosok dan pesisir daerah.

Dari visi misinya membenahi infrastruktur, pendidikan, Sumber Daya Manusia (SDM) dan sosial ke masyarakat juga sudah terlihat secara mendasar bahwa pembangunan tidak akan berhasil tanpa dilandasi dengan kemampuan dan kebersamaan.

Sepak terjang Hasan Aminuddin dalam kancah politik tak diragukan lagi. Berawal karir menduduki jabatan politik sebagai Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo. Kemudian dilanjut menjadi Bupati Probolinggo dua periode dan saat ini mendapatkan amanah menjadi anggota DPR-RI membuat Hasan Aminuddin semakin matang berpolitik dan diperhitungkan di kancah perpolitikan nasional.

Jadi tak salah jika Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mempercayainya menduduki jabatan Ketua DPP Bidang Agama dan Masyarakat Adat Partai Nasdem. Apalagi kemunculan Hasan Aminuddin dalam Pileg 2014 lalu mampu meraup suara terbanyak di antara Calon Legislatif (Caleg) yang lain di Partai Nasdem dan membuatnya masuk 10 besar peraihan suara terbanyak caleg tingkat nasional dari berbagai Partai Politik (parpol).

Terlepas dari kesuksesan karirnya di dalam politik, sisi lain yang menjadi ‘buah bibir’ di masyarakat yakni cara berpidatonya yang disebut-sebut mirip sang proklamator kemerdekaan RI sekaligus Presiden RI pertama Soekarno yang lantang dan penuh semangat. Tak hanya itu, Hasan Aminuddin dinilai mampu beradaptasi dengan audiensi, sehingga penyampaiannya mudah dicerna dan dimengerti.

Dalam bidang pendidikan, dibangunnya gedung-gedung sekolah demi menunjang proses belajar dan mengajar demi terciptanya anak yang berprestasi. Disamping itu lewat program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo juga diberikan beasiswa bagi putra putri yang berprestasi.

Ide-idenya Hasan Aminuddin yang terkenal dengan ide briliannya sangat mendukung sekali dari untuk pembangunan daerah dan juga untuk pembangunan pertumbuhan ekonomi, khususnya Jawa Timur yang lebih bermaslahat .

Menurut Hasan Aminuddin, pertumbuhan ekonomi terjadi bila ada inovasi dari para pengusaha (wiraswasta). Dalam hal ini, inovasi merupakan penerapan pengetahuan dan teknologi yang baru di dunia usaha.

Inovasi memiliki pengaruh diperkenalkannya teknologi baru, menimbulkan keuntungan yang lebih tinggi, menimbulkan imitasi inovasi berupa peniruan teknologi baru oleh pengusaha-pengusaha lain yang dapat meningkatkan hasil produksi, pelayanan kesehatan, terbukanya jalur komunikasi, terbukanya jalur pendidikan, terbukanya arus komunikasi, terbukanya arus kemajuan informasi, terbukanya lapangan kerja dan lain-lainnya.

Dengan kata lain bahwa dengan terbukanya jalan penghubung tersebut maka berbagai macam kegiatan pembangunan lainnya dapat dilakukan. Sehingga sedikit demi sedikit ketertinggalan dan keterbelakangan daerah tersebut dapat dikurangi hingga dapat di tiadakan. (fudz/nis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *