Antisipasi Bencana, Bentuk Satgas Tanggap Bencana

Reporter : Ali Mahfudz
Editor : Anis Natasya

Probolinggo, Kabarpas.com – Bulan Desember sangat identik dengan musim penghujan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), khususnya di wilayah teritorial Kabupaten Probolinggo. Dimana wilayahnya terdiri dari berbagai jenis daerah mulai dari lautan, pantai, dataran dan pegunungan. Saat musim penghujan seperti saat ini, sering terjadi bencana banjir bandang dan tanah longsor.

Menghadapi musim penghujan yang banyak terjadi bencana tersebut, maka Camat Tiris Roby Siswanto berkoordinasi dengan Komandan Koramil 0820/24 Tiris Kapten Inf Sadjati untuk membentuk Satuan Petugas (Satgas) Tanggap Bencana di Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo.

Berkaitan dengan kegiatan tersebut, Komandan Kodim 0820 Probolinggo Letnan Kolonel Kav Depri Rio Saransi saat ditemui media Kabarpas.com Biro Probolinggo di Makodim 0820/Probolinggo mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan pembekalan kepada 16 Kepala Desa (Kades) dan perangkatnya sekitar 130 orang di salah satu tempat wisata di Desa Condong Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo beberapa waktu lalu.

“Dalam kesempatan tersebut kami memberikan pembekalan tentang penanganan bencana, organisasi Satgas penanganan rawan bencana dan kesinergian antara aparat tingkat bawah dalam penanggulangan bencana alam,” kata Depri Rio Saransi.

Sementara Komandan Koramil 0820/24 Tiris Kapten Inf. Sadjadi menambahkan, dengan terbentuknya Satgas penanggulangan bencana tingkat desa ini, diharapkan mampu menghadapi tantangan bencana alam ke depan yang semakin kompetitif dan penuh dinamika di lapangan.

Sedangkan Camat Tiris Roby Siswanto menyambut baik pembentukan Satgas Tanggap Bencana tersebut. Menurutnya, kegiatan ini sangat tepat dan sesuai dengan kondisi wilayah di Kecamatan Tiris yang sangat rawan terhadap bencana banjir dan longsor. (fudz/nis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *