Musim Hujan Tiba, Petani Probolinggo Antusias Tanam Padi

Reporter : Mahfudz
Editor : Anis Natasya

Probolinggo, Kabarpas.com – Musim penghujan yang terjadi di wilayah Kabupaten Probolinggo telah membuat para petani gembira. Mereka mulai mengolah lahan serta tanam padi secara serentak di lahan yang mereka miliki. Mereka mulai melakukan penanaman sejak awal Desember 2017 lalu.

Musim hujan merupakan berkah tersendiri bagi petani padi. Ketersediaan air merupakan faktor penting dalam budidaya padi. Petani menanam padi dengan memanfaatkan air hujan pada lahan tadah hujan. Selain air, varietas unggul padi juga merupakan komponen utama keberhasilan dalam menanam padi.

Kini, telah banyak varietas padi yang mempunyai keunggulan tertentu. Jadi tidak ada alasan bagi petani untuk tidak menanam padi di musim hujan. Miswar (39 th), petani asal Desa Temenggungan Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo kepada kabarpas.com mengungkapkan dia memilih segera memulai musim tanam setelah mengetahui hujan sudah mulai turun.

“Begitu musim hujan tiba, kami mempercepat musim tanam padi sesuai dengan anjuran pemerintah daerah. Memasuki awal musim hujan ini, para petani memang diimbau untuk segera memulai musim tanam padi,” katanya, Rabu (13/12/2017).

Oleh sebab itu jelas Miswar, petani yang sebelumnya menanam tanaman palawija seperti jagung, kacang tanah serta kedelai bisa beralih menanam padi, supaya tanaman yang dibudidayakan bisa menyesuaikan dengan musim. (pu2t/nis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *