Disapu Puting Beliung, 4 Rumah dan Kandang Ayam Rusak Parah

Reporter : Mahfudz
Editor : Anis Natasya

Probolinggo, Kabarpas.com – Hujan deras dan angin kencang yang terjadi di Kabupaten Probolinggo, Jum’at (8/12/2017) sore telah merusak 4 (empat) rumah warga di Desa Sumber Kerang, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo.

Akibat dari hempasan angin puting beliung disertai hujan itu, 4 (empat) rumah warga di RT 04 RW 04 Dusun Triwungan Desa Sumberkerang tertimpa pohon yang tumpang karena kencangnya angin. Serta beberapa rumah lain di beberapa dusun di Desa Sumberkerang.

Di Dusun Triwungan, rumah yang rusak akibat tertimpan pohon diantaranya Sulastri, 37 th, atap rumah sekitar 30 meter rusak kerugian ditaksir Rp 1.5 juta, Supriadi, 29 th, atap rumah sekitar 10 meter rusak kerugian ditaksir Rp 1 juta, Suryadi, 40 th, atap rumah sekitar 6 meter rusak dan kerugian ditaksir Rp 1 juta serta Subaidah, 39 th, atap rumah sekitar 9 meter rusak dan kerugian ditaksir Rp 1 juta. Serta beberapa rumah lain yang rusak para.

Kepala Desa Sumberkerang Abdullah Hidayah kepada media kabarpas.com mengatakan bahwa rumah yang rusak diantaranya terdapat di Dusun Triwungan ada 4 rumah dan Dusun Talang yang menghancurkan kandang ayam. Sedangkan di Dusun Karnin Kulon hanya beberapa rumah yang rusak di bagian genteng saja dan pemilik rumah mengalami luka lecet saja.

“Atas musibah ini kami berusaha bergotong royong untuk memperbaiki dahulu beberapa rumah yang bisa mendapatkan penanganan. Sementara yang rusak masih kami koordinasikan dengan beberapa pihak terkait,” kata Abdullah.

Salah satu korban Sulastri mengaku takut ketika hujan deras disertai angin puting beliung menerjang desanya. Terlebih angin tersebut mengeluarkan suara yang bergemuruh. “Jum’at sore angin puting beliung disertai hujan deras sangat menakutkan warga. Musibah seperti ini baru terjadi lagi setelah cukup lama,” ungkapnya.

Sementara pemilik kandang ayam di Dusun Talang RT 3 RW 5, Syaiful Hadi, 39th menceritakan angin puting beliung disertai hujan tersebut terjadi sekitar pukul 17.00.

“Saya lihat angin itu mengarah ke kandang ayam. Akibat kencangnya angin, kandang ayam roboh. Padahal sisa panen ayam potong sekitar 3.500 ekor atau 7,7 ton daging. Kalau dihitung-hitung kerugian bisa mencapai Rp 15 juta. Sementara kandang ayamnya sekitar Rp 50 juta karena ambruk semua,” terangnya.

Selain merusak rumah warga dan kandang ayam, angin puting beliung ini juga mengakibatkan 3 unit sepeda motor rusak parah akibat tertimpa pohon dan reruntuhan genteng rumah. (pu2t/nis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silakan kirim info Anda