Warga Grati Gelar Tasyakuran Makan Bareng di Atas Daun Pisang Sepanjang 500 Meter

Reporter : Khamim

Editor : Memey Mega

___________________________________

Pasuruan (Kabarpas.com) – Untuk menyambut Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke-1088, masyarakat di wilayah Kecamatan Grati menggelar “Bancak’an” alias tasyakuran. Menariknya acara ini digelar dengan makan bareng nasi liwet di atas daun pisang sepanjang 500 meter.

Acara yang dimulai sejak pukul 06.00 Wib itu juga dihadiri oleh Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf yang saat itu juga tak malu makan nasi liwet bersama ratusan warga Grati.

“Asli enak sekali, sebab nasinya masih hangat dan lauk pauknya juga lengkap seperti masakan rumah,” ungkap Irsyad Yusuf sembari terus melahap ikan mujair dan krawonan (sayuran dari berbagai jenis sayur.red), Sabtu (16/09/2017) pagi.

Menurut Irsyad, makan bareng di atas daun pisang saat ini tengah menjadi tren di kalangan masyarakat, meskipun itu dari orang-orang kaya sekalipun. “Selain factor kebersamaan, makan rame-rame membuat suasana makan semakin akrab dan mengembalikan tradisi dan budaya nenek moyang kita terdahulu,” imbuhnya.

Untuk itu, Gus Irsyad sapaan akrab Bupati Irsyad Yusuf ini mengajak kepada seluruh masyarakat agar terus mempertahankan budaya leluhur yang telah menjadi tradisi.

“Yang paling penting adalah bagaimana menjadikan tradisi tersebut sebagai bagian dari menjaga ciri khas daerah,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Grati, Zaenal Arifin menambahkan bahwa tasyakuran ini, selain untuk menyambut Hari Jadi Kabupaten Pasuruan yang ke-1088, juga sekaligus untuk menyongsong Pilkades serentak, khususnya di wilayah Kecamatan Grati yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2017 nanti.

“Melalui acara ini kami juga sekaligus berdoa supaya jalannya Pilkades nanti berjalan lancar, tanpa ada kendala apapun,” pungkasnya. (mim/mey).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim Info