Asosiasi Petani Tebu Gelar Rakernas di Pasuruan

Reporter: Khamim

Editor: Rafid Rhomadoni

___________________________________________

Panggungrejo (Kabarpas.com) – Para petani yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI). Menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas), yang dilaksanakan di Gedung Pusat Penelitian dan Pengembangan Gula Indonesia (P3GI), Kota Pasuruan, Jumat (12/05/2017).

Rakernas APTRI ini dibuka langsung oleh Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian, Bambang, dan dihadiri oleh sejumlah petinggi APTRI Pusat. Di antaranya yaitu Dewan Pembina APTRI, Arum Sabil, Ketua APTRI Abd Wahid, Wali Kota Pasuruan, Setiyono, Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Rizal Martomo, serta ratusan peserta yang sebagian besar merupakan perwakilan penggurus APTRI dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam Rakernas yang akan digelar selama dua hari (12-13 Mei 2017) ini. akan membahas sejumlah masalah yang dialami oleh para petani tebu. Di antaranya yaitu dari penetapan harga eceran tertinggi (HET) gula sebsar Rp 13.000/kg, upaya menaikkan rendemen tebu dan pemenuhan bibit tebu yang berkwalitas. Termasuk masalah pembiayaan pengolahan lahan melalui kredit usaha rakyat (KUR) hingga pemenuhan pupuk.

“Kami berharap revitalisasi PG juga terus dilakukan oleh pemerintah. Karena dengan alat yang modern, akan menaikkan rendemen tebu petani makin besar, bukan hanya 6% tapi bisa jadi 8%. Makanya P3GI perlu dilibatkan untuk pengukuran rendemen, sekaligus pemenuhan bibit tebu,” ujar Ketua Umum APTRI Abd Wahid, dalam sambutanya. (mim/afi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *