Akses Jalan Pertanian di Kabupaten Pasuruan Mulai Dibenahi

Wonorejo (Kabarpas.com) – Sejumlah akses jalan pertanian yang ada di wilayah Kabupaten Pasuruan mulai dibenahi. Diharapkan dengan dibenahinya akses jalan pertanian ini, dapat membantu para petani dalam bidang pendistribusian hasil panen mereka.

“Pada tahun ini, ada sekitar 20 titik akses jalan pertanian yang akan dibenahi, dengan alokasi dana Rp. 100 juta pertitiknya,” kata Ikhwan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan kepada Kabarpas.com, Sabtu (07/01/2017).

Dijelaskan, pada tahun 2017 ini, sejatinya Pemerintah Kabupaten Pasuruan telah menganggarkan Rp 2 miliar untuk pembangunan 20 titik akses jalan pertanian tersebut. Dana sebesar Rp 2 miliar itu diambil dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017 Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

“20 titik akses jalan pertanian ini tersebar di 15 kecamatan di Kabupaten Pasuruan. antara lain yaitu Kecamatan Purwosari, Rembang, Rejoso, Kraton, Kejayan, Wonorejo dan sejumlah titik yang lainnya,” terangnya kepada Kabarpas.com.

Ia menambahkan, pembenahan jalan pertanian di Kabupaten Pasuruan ini, tak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Akan tetapi, semakin tahun jumlah jalan pertanian di Kabupaten Pasuruan semakin bertambah. “Proyeksinya sama seperti tahun lalu, sama bervareasinya, bisa pavingisasi hingga jalan makadam,” imbuhnya.

Menurutnya, selama ini kesetabilan harga hasil pertanian saja tidak cukup untuk membantu petani. Problem terkait pendistribusian hasil panen, kalau tidak ada akses jalan pertanian, akan membutuhkan kuli panggul yang upahnya dihitung borongan ataupun dengan hitungan persak.

“Harapannya jika nanti ada jalan pertanian, maka kendaraan roda tiga atau roda dua bisa masuk, sehingga pendistribusian hasil panen para petani bisa cukup efisien dan manfaatnya kembali kepada para petani,” pungkasnya. (jak/gus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *