Peringati Sumpah Pemuda, Mahasiswa Pasuruan Gelar Teatrikal Lawan Penjajah

Purworejo (Kabarpas.com) – Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasuruan. Memiliki cara tersendiri dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda. Yakni, dengan melakukan aksi teatrikal.

Aksi teatrikal yang dilakukan oleh para mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Ki Hajar Dewantara ini, dilakukan di Simpang Empat Ketapeng, tepatnya di Jalan Ki Hajar Dewantara, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan.

Dalam aksi teatrikalnya itu, mereka mengambarkan tentang perjuangan para pemuda di zaman dulu, yang berjuang mati-matian dalam melawan sekaligus mengusir para penjajah dari muka bumi Ibu Pertiwi.

Menurut koordinator aksi teatrikal tersebut, Rosul Fahrurrozi mengatakan, saat ini pemuda sering melupakan jiwa nasionalisme. Untuk itulah pihaknya berharap melalui aksi teatrikal ini, bisa memberikan stimulus kepada para pemuda agar bisa menggelorakan kembali semangat nasionalismenya.

“Kami berharap melalui kegiatan teatrikal ini, bisa membakar kembali semangat nasionalisme para pemuda Indonesia yang selama ini terkubur,” kata pria yang akrab disapa Ozi itu kepada Kabarpas.com, Jumat (28/10/2016).

Sementara itu, Ketua Komisariat PMII Ki Hajar Dewantara Kholilah mengatakan, melalui kegiatan aksi teatrikal ini, pihaknya ingin mengingatkan kembali bahwa para pemuda juga memiliki peran penting dalam kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kami sengaja mengambil cerita ini, karena kebanyakan orang telah lupa bahwa pemudalah yang dulu memberi sumbangsih besar kepada bangsa dan negara waktu kemerdekaan Indonesia. Untuk itu kami berharap dengan kegiatan ini, semoga pemuda Pasuruan terus bangkit dan berkarya dalam membangun Indonesia,” pungkasnya. (mim/gus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *