Ribuan Murid TK Antusias Ikuti Manasik Haji Cilik di Yon Zipur 10

Pasuruan (Kabarpas.com) – Ribuan murid TK di Kota Pasuruan antusias mengikuti latihan Manasik Haji Cilik, yang dilaksanakan di halaman markas komando (Mako) Yon Zipur 10, tepatnya di Jalan Raya Soekarno Hatta, Gadingrejo Pasuruan.

Pantauan Kabarpas.com di lokasi, acara yang digelar oleh Ikatan Guru TK Muslimat (IGTKM) Kota Pasuruan itu berlangsung dengan cukup meriah. Bahkan, suasana di dalam halaman Mako Yon Zipur 10 tersebut dipenuhi dengan kumandang talbiyah yang dilantunkan oleh para peserta Manasik Haji Cilik.

Tak hanya itu, meski sinar matahari masih cukup terik. Namun, ribuan peserta Manasik Haji Cilik tersebut tampak terlihat begitu antusias mengikuti jalannya acara. Selanjutnya, para peserta itu secara bergantian melakukan manasik haji dengan dibimbing oleh guru dari sekolahan mereka masing-masing.

“Manasik Haji Cilik ini diikuti oleh ribuan peserta yang berasal dari 62 lembaga yang ada di Kota Pasuruan. Tujuannya ialah tak lain untuk menanamkan jiwa ke-Islaman sejak dini kepada anak-anak. Serta memberikan pengetahuan seputar haji, baik itu meliputi syarat maupun rukun haji,” kata Ketua Muslimat NU Kota Pasuruan, Hj. Shofiyah Khusaeri kepada Kabarpas.com, saat ditemui di lokasi, Sabtu (17/09/2016).

Menurutnya, dengan latihan Manasik Haji Cilik ini, diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi sesama penggurus, begitu juga dengan anak-anak bisa berkenalan satu sama lain. Sehingga mereka bisa memiliki banyak teman baru.

“Program rutin ini memberikan dampak positif bagi perkembangan anak di bidang agama. Dalam kegiatan ini sendiri, anak-anak diberikan pemahaman dan wawasan seputar haji, serta sebagai wujud penyembahan dan penghormatan kepada Allah SWT. Untuk itulah, kami berharap ke depan anak-anak ini bisa menjadi tamu-tamu Allah,” terangnya kepada Kabarpas.com.

haji-cilik-2-copy

Sementara itu, salah satu peserta bernama Avzalea Biedynica mengaku sangat senang, dirinya bisa mengikuti Manasik Haji Cilik tersebut. Sebab menurutnya, dengan adanya kegiatan ini dirinya bisa belajar sekaligus langsung praktek tentang tata cara melaksanakan ibadah haji.

“Senang sekali ikut Manasik Haji Cilik ini, sebab di sini saya bisa bertemu dengan banyak teman baru,” ujar Avzalea yang merupakan peserta Manasik Haji Cilik dari TK Raudhatul Mustariyah tersebut. (ajo/gus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silakan kirim info Anda