Operasi Gabungan, Polair Temukan Banyak Nelayan Pasuruan Tak Punya Surat Kelengkapan Kapal

Pasuruan (Kabarpas.com) – Satpolair Polres Pasuruan mulai gencar melakukan razia terhadap  kapal nelayan yang masuk dalam wilayahnya. Alhasil, didapatkan ratusan kapal nelayan yang masih belum mempunyai kelengkapan surat kapal.

“Ternyata masih banyak kapal nelayan yang tidak mempunyai kelengkapan surat kapal. Termasuk juga tak mempunyai kelengkapan keselamatan nelayan,” kata Bripka Agus Kurniawan, komandan kapal Polair Polres Pasuruan, Sabtu (06/08/2016).

Dijelaskan, dalam operasi kelengkapan surat-surat kapal nelayan yang dilakukan di tengah laut tersebut, pihaknya dibantu petugas gabungan dari berbagai unsur. Di antaranya yaitu dari Dishubkominfo Kota Pasuruan, Sahbandar, dan juga TNI Angkatan Laut.

“Tujuan dari operasi ini ialah untuk memenuhi prosedur dalam penangkapan ikan di laut. Hasilnya, sebagian besar nelayan di Kota Pasuruan tidak memiliki kelengkapan tersebut,” terangnya kepada Kabarpas.com.

Menurutnya, operasi kelengkapan surat kapal sifatnya masih sosialisasi sehingga pihaknya tidak menilang.

“Untuk sementara ini sifatnya masih sosialisasi. Karena kebanyakan nelayan tidak mengerti perlengkapan surat kapal, tapi anehnya mereka ikut paguyuban nelayan. Seharusnya mengikuti paguyuban nelayan harusnya juga mengerti,” pungkasnya. (ajo/tin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim Info