Embung Seluas 2,5 Hektar Akan Dibangun di Desa Kalisat

Pasuruan (Kabarpas.com) – Sebuah embung dengan luas 2,5 hektar akan dibangun di wilayah Desa Kalisat, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan. Namun, proyek pembangunan embung tersebut, nantinya akan dikerjakan oleh pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. Minggu, (17/01/2016).

“Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Pasuruan hanya menyediakan tanahnya saja. Sedangkan pelaksananya adalah pihak Pemprov Jatim,” kata , Hanung Widya Sasangka, Kepala Dinas Pertambangan dan Pengairan Kabupaten Pasuruan.

Dijelaskan, sebelumnya pihak Pemkab setempat telah mendapatkan proyek pembangunan embung yang sudah tersebar di lima titik, diantaranya yaitu di Kedung Banteng, Kecamatan Rembang, Kertosari, Kecamatan Purwosari, Krikilan, Kecamatan Kejayan, Sang Anom, Kecamatan Nguling, dan di Sukorejo.

Menurutnya, dengan dibangunkannya embung di lima titik yang ada di wilayah Kabupaten Pasuruan tersebut, diharapkan dapat mencegah terjadinya banjir yang ada di daerah kabupaten setempat. Sebab lokasi pembangunan embung-embung tersebut berada di Daerah Aliran Sungai (DAS).

“Selain itu dengan dibangunkannya embung ini tentu akan bisa mendapatkan dampak yang positif, khususnya untuk konservasi di wilayah Kabupaten Pasuruan, yang hasilnya baru bisa dirasakan 10 tahun ke depan,” pungkasya. (jon/tin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *