Dua Kecamatan di Kabupaten Pasuruan Diguyur Hujan Abu

Pasuruan (Kabarpas.com) – Semburan abu vulkanik Gunung Bromo tidak hanya mengarah di wilayah Probolinggo dan Lumajang saja. Sebab saat ini semburan abu vulkanik tersebut, sudah mulai mengarah ke wilayah Kabupaten Pasuruan.

Informasi yang diperoleh Kabarpas.com menyebutkan, ada dua kecamatan di wilayah Kabupaten Pasuruan, yang saat ini juga terkena semburan abu vulkanik tersebut. Kedua kecamatan itu, yaitu  Kecamatan Nguling dan Grati.

Untuk di Kecamatan Nguling ada beberapa desa yang diguyur hujan abu vulkanik tersebut. Diantaranya yaitu Desa Nguling, Watestani, Sebalong, Dandang Gendis, Wotgalih, dan Sanganom. Sementara di Kecamatan Grati, terdapat tiga desa yang juga terkena dampak abu vulkanik itu. Yakni, di Desa Rebalas, Triwung, dan Sumber Dawe Sari.

“Abu vulkanik Gunung Bromo sudah sampai di wilayah Kecamatan Nguling,” ujar Mulyono warga Nguling kepada Kabarpas.com. Minggu, (27/12/2015) pagi.

Meski begitu, ia mengatakan bahwa hujan abu vulkanik di wilayahnya itu hanya sedikit. Namun, hal itu tetap menganggu aktivitas warga setempat. “Debunya ada di mana-mana, jadi sekarang sejumlah warga di sini sedang bersih-bersih,”  terangya kepada Kabarpas.com.

Sementara itu, hal yang sama juga dirasakan oleh sejumlah warga di Kecamatan Grati. Roji, salah satu warga setempat mengatakan, bahwa hujan abu di wilayahnya tersebut, sudah mulai dirasakan sejak Minggu pagi.

“Saat ini di tempatku diguyur hujan abu mas. Meski abunya tidak begitu banyak, tapi kalau buat naik motor bisa berbahaya,” pungkasnya. (ajo/abu).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *