KPU Kota Pasuruan Lantik 20 Anggota PPK

Purworejo (Kabarpas.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pasuruan melantik 20 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada kota setempat, yang nantinya akan berlangsung pada Desember mendatang.

20 PPK tersebut dilantik oleh Ketua KPU Kota Pasuruan, Fuad Fatoni di Aula Kantor KPU setempat, yang beralamat di jalan Panglima Sudirman No 119 A, Kota Pasuruan, Selasa, (12/05/2015) siang.

“20 anggota PPK yang dilantik ini akan tersebar di empat kecamatan, diantaranya yaitu di Kecamatan Bugul Kidul, Gadingrejo, Panggungrejo, dan Purworejo. Masing-masing kecamatan terdapat lima anggota PPK dengan masa jabatan delapan bulan sesuai dengan Permendagri Nomor 44 Tahun 2015,” kata Ketua KPU Kota Pasuruan, Fuad Fatoni kepada Kabarpas.com, saat ditemui seusai pelantikan.

Dijelaskan, bahwa pada aturan Permendagri Nomor 44 Tahun 2015, jabatan PPK terhitung selama delapan bulan yaitu enam bulan sebelum pencoblosan dan dua bulan setelah pencoblosan, terhitung masa kerja yang dimulai pada bulan Juni. Akan tetapi, karena sudah dilantik pada hari ini. Maka secara otomatis para anggota PPK tersebut harus mulai mengemban tugasnya masing-masing.

Selain itu ia mengatakan, kalau pihaknya meminta kepada para anggota PPK yang baru dilantiki itu, supaya benar-benar bekerja secara profesional, mengedepankan asas-asas sesuai aturan pemilu, independent.

“Serta mengedepankan aspek kejujuran terhadap keberlangsungannya Pilkada. Sebab tantangannya banyak. Namun, apabila menghadapinya secara bersama dan tidak membedakan antara satu dengan yang lainnya, maka Pilkada akan berjalan lancar,” ucapnya.

Di sisi lain, ia juga menambahkan, bahwa bagi calon partai politik yang akan mencalonkan kandidatnya, dipersilahkan untuk datang ke kantor KPU Kota Pasuruan, untuk memberikan dan meminta informasi terkait mekanisme Pilkada.

“Namun, untuk ketentuan partai politik (Parpol) yang bersengketa setelah adanya keputusan Menkumham tentang adanya meregistrasi dan memutuskan satu kepengurusan parpol. Hal itu kami serahkan semua kepada pihak Parpol yang bersangkutan,” pungkasnya. (ajo/uje).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *