SMPN 2 Pandaan, Satu-satunya Penyelenggara Unas CBT di Pasuruan

Pandaan (Kabarpas.com) – Sebanyak 21.473 siswa di Kabupaten Pasuruan mengikuti Ujian Nasional (Unas) yang berlangsung sejak Senin (04/05/2015) kemarin. Dari sekian banyak SMP yang ada di wilayah Kota maupun Kabupaten Pasuruan. SMPN 2 Pandaan merupakan satu-satunya sekolah penyelenggara Unas CBT tingkat SMP. Total peserta Unas di SMPN ini sendiri yaitu berjumlah 290 siswa.

Rabu (06/05/2015) siang tadi, Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) pada pelaksanaan Unas di hari ketiga untuk tingkat SMP sederajat, di SMPN 2 Pandaan tersebut.

Dalam sidaknya itu, Irsyad didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Iswahyudi, dan beberapa staf Dispendik kabupaten setempat. Tepat pukul 12.15 WIB, Irsyad sampai di sekolah tersebut, dan langsung melihat jalannya pelaksanaan Unas dengan mata pelajaran Bahasa Inggris, yang dilaksanakan di Aula SMPN 2 Pandaan.

Irsyad mengaku bangga dengan SMPN 2 Pandaan yang berhasil melaksanakan Unas dengan sistem Computer Based Test (CBT) atau yang populer dikenal dengan istilah Unas Online.

“Di Jawa Timur hanya ada sekitar 100 sekolah saja yang siap melaksanakan Unas Online. Sedangkan Kabupaten Pasuruan sendiri sudah ada 9 sekolah baik di tingkat SMA dan SMP yang siap melaksanakan Unas Online, itu artinya sudah hampir 10% dari jumlah sekolah di Jatim, ada di Kabupaten Pasuruan,” ucap Irsyad kepada Kabarpas.com saat ditemui di lokasi.

Hanya saja, sidak yang dilakukan Irsyad itu dilakukan beberapa menit saja, lantaran dirinya tidak ingin mengganggu konsentrasi siswa dalam mengerjakan soal unas.

Kendati demikian. Menurut Irsyad hal yang paling penting adalah upaya mengantisipasi kendala-kendala yang kemungkinan terjadi dalam Unas Online, baik masalah jaringan computer, pasokan listrik, hingga SDM peserta Unas itu sendiri.

“Saya lihat semuanya baik-baik saja. Siswa sepertinya tidak terbebani dengan unas online ini. Terbukti dari ekpresi peserta yang santai dan tidak tegang. Selain itu, tidak ada masalah jaringan komputer atau apapun. Semuanya terlihat berjalan lancar,” ujar pria yang hobi bermain sepak bola dan tennis tersebut.

Untuk sekedar diketahui, para peserta yang mengikuti Unas Online di sekolah ini dilakukan secara shift atau bergantian, yakni dimulai pukul 07.30-09.00 WIB, kemudian pukul 10.00-12.30 WIB, dan sesi terakhir pada pukul 14.00-16.00 WIB. Dari hari pertama hingga ketiga, tak satupun siswa yang tidak hadir atau absen dalam unas tersebut. (iim/sym).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *