Hujan Es Disertai Angin Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah Warga

Grati (Kabarpas.com) – Hujan es disertai angin puting beliung menerjang 4 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pasuruan, yakni Kecamatan Lekok, Grati, Bangil, dan Purwosari. Akibat peristiwa tersebut, puluhan pohon tumbang dan puluhan rumah warga rusak diterjang angin. Kondisi terparah terjadi di dua desa yang ada di Kecamatan Grati, yakni Desa Ranu klidungan, dan Desa Grati Tunon.

Informasi yang dihimpun Kabarpas.com di lapangan menyebutkan, cuaca ekstrim disusul hujan deras disertai es sebesar kerikil dan angin puting beliung mulai terjadi sekitar pukul 15.30 WIB, Kamis (24/02/2015) sore.

Hujan dan angin kencang yang terjadi sekitar 30 menit itu, membuat warga dan pengguna jalan ketakutan dan berhamburan menyelamatkan diri. Beberapa pohon yang tumbang bahkan menimpa rumah, gapura, kios, dua sepeda motor dan trailer yang sedang diparkir, serta jaringan instalasi listrik. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Waktu itu kebetulan saya baru pulang dari pasar Ngopak. Di tengah perjalanan pulang, tiba-tiba hujan deras disertai es sebesar kerikil. Tak lama kemudian, pada waktu saya akan sampai di rumah. Saya lihat pohon besar tumbang mengenai rumah warga,” ujar Prasetyo, (25), salah satu warga Ranu Klidungan, Kecamatan Grati kepada Kabarpas.com.

Menurut Pras angin kencang dan hujan disertai es terjadi cukup lama, sehingga membuat genteng rumah berhamburan jatuh. Kondisi tersebut, lanjutnya dibarengi dengan tumbangnya puluhan pohon.

Peristiwa serupa juga terjadi di wilayah Desa Grati Tunon, Kecamatan Grati, seorang warga setempat bernama Eko Budi melaporkan, bahwa ada satu pohon yang tumbang karena diterpa angin puting beliung.

“Sementara di Desa Cukur Gondang, terdapat banyak pohon yang tumbang. Sementara di Grati Tunon ada seorang warga bernama Antok 18  tahun, mengalami luka parah akibat tertimpa pohon yang tumbang,”.

Di sisi lain, menurut Manejer PLN APJ Pasuruan, Hartono mengatakan, bahwa pihaknya sudah menerima laporan adanya jaringan yang rusak parah berada di wilayah Nguling sehingga dia mengkordinasikan untuk segera dilakukan penyambungan kembali kabel listrik yang putus dan perbaikan tiang listrik yang roboh.  Selain itu juga ada beberapa jaringan listrik yang lebih kecil juga putus di sekitar jalan desa di Kecamatan Grati.

“Saat ini kawan-kawan PLN sudah memperbaikinya dengan menyambung dan menarik kabel listrik yang kendur. Untuk itu kami berharap warga bersabar, karena kami secepatnya akan memperbaikinya,” jelasnya kepada Kabarpas.com.

Sementara itu, dari pantauan Kabarpas.com di lokasi, sejumlah warga dibantu beberapa orang anggota TNI, Polri, dan BPBD Kabupaten Pasuruan secara bergotong royong mengevakuasi sebuah pohon cukup besar yang tumbang dan menimpa rumah warga. Selain itu, petugas PLN yang datang ke lokasi telah melakukan pemotongan ranting yang menimpa kabel. (ajo/uje).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *