Hasil Panen Kedelai di Kabupaten Pasuruan Lampaui Target Nasional

Gempol (Kabarpas.com) – Ratusan petani yang berasal dari 11 kecamatan di Kabupaten Pasuruan merayakan panen raya kedelai. Dalam panen ini sendiri merupakan ketiga kalinya yang dirasakan oleh para petani setempat dalam kurun waktu satu tahun. Bahkan, saat ini hasil panen kedelai yang ada di wilayah tersebut, telah berhasil melampui target nasional. Senin, (06/10/2014).

11 kecamatan yang secara serentak merayakan panen raya pada Senin, (6/10/2014) itu diantaranya yaitu; Kecamatan Gempol, Rembang, Pohjentrek, Kraton, Sukorejo, Beji, Purwosari, Purwodadi, Kejayan, Wonorejo, serta Kecamatan Pasrepan.

Dalam perayaan panen raya kali ini dirayakan dalam satu tempat yaitu di Desa Ngerong, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan. Acara ini dihadiri oleh Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Direktur Budidaya Aneka Kacang-Kacangan dan Umbi, DR Maman Suherman, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, kemudian Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur, Wibowo Ekoputro, serta sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait yang ada di lingkungan Pemkab Pasuruan.

Pada kesempatan itu, Irsyad dan Maman juga melakukan pemotongan tanaman kedelai di areal tanaman kedelai seluas 97,8 hektar atau sekitar 60 persen dari total 163 hektar lahan kedelai yang ada di desa tersebut.

“Kami sangat salut dengan adanya panen raya yang dilakukan oleh petani di sini (Desa Ngerong,red), sebab panen raya kedelai  mereka kali ini telah berhasil melebihi target secara Nasional yaitu sebesar 1,4 ton per hektar,” ujar Maman kepada Kabarpas.com, saat ditemui setelah selesai melakukan pemotongan kedelai.

Maman menambahkan, bahwa, Kementerian Pertanian telah menjadikan Kabupaten Pasuruan sebagai salah satu sentra kedelai terbaik di Provinsi Jawa Timur maupun lumbung kedelai tingkat nasional.

“Kabupaten Pasuruan setiap tahun selalu memberikan kontribusi banyak, baik berupa kedelai padi hingga sampai yang sekarang ini telah dikembangkan adalah gandum di Kecamatan Tosari,” ucapnya.

Untuk diketahui, saat ini Kabupaten Pasuruan memiliki lahan  kedelai seluas total 21.800 hektar, dengan rincian 17.800 hektare merupakan lahan murni yang ditanam kedelai. Sedangkan sisanya seluas 3000 hektare merupakan lahan hasi Perluasan Areal Tanam (PAT) Kedelai tahun 2014.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengatakan, tahun 2015 adalah tahunnya para petani dalam artian prioritas pembangunan lebih dominan pada optimalisasi hasil pertanian dan ekonomi kerakyatan. Untuk itu dirinya optimis kalau potensi pertanian yang ada di Kabupaten Pasuruan akan terus dikembangkan secara maksimal.

“Kami optimis keberhasilan panen raya kedelai ini akan membawa kontribusi besar bagi pemerintah pusat. Dan yang pasti adalah hasil pertanian lainnya mulai dari sayuran hingga tanaman pangan dan buah akan terus kita eksplore. Sehingga Kabupaten Pasuruan bukan hanya dikenal dengan wisata religi dan panorama saja, melainkan juga terkenal dengan wisata buah-buahan,” terangnya kepada Kabarpas.com. (ajo/sym).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *