Puluhan Peserta Lomba Foto Beradu Kejelian Memotret Satwa Langka

Prigen (Kabarpas.com) – Puluhan peserta lomba foto dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke-1085, beradu kejelian memotret sejumlah satwa langka di Taman Safari Indonesia (TSI) II Prigen, kabupaten setempat, Minggu (28/09/2014).

Pantauan Kabarpas.com di lokasi, sejak Minggu pagi puluhan fotografer amatir dan profesional mulai berdatangan ke lokasi perlombaan dengan menggunakan berbagai kendaraan.

Sebelum perlombaan dimulai, para peserta terlebih dulu mendapatkan arahan dari pihak panitia menggenai beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh peserta pada saat perlombaan sudah berlangsung. Mereka pun terlihat begitu antusias menyimak penjelasan yang telah disampaikan oleh pihak panitia.

Perilaku dan interaksi satwa dengan sang keeper menjadi sasaran bidikan lensa fotografer yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur. Pasalnya, pada perlombaan tersebut, pihak panitia secara khusus menyediakan empat spot pemotretan satwa langka. Sehingga secara bergiliran kepiawaian sejumlah satwa seperti gajah, lumba-lumba, orang utan, harimau dan elang dipertunjukkan kepada penghobi fotografi.

Selain itu, sejumlah peserta mengaku lomba foto satwa langka yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pasuruan, dan didukung PT Perusahaan Gas Negara (PGN) SBU DW II ini lebih menantang daripada sejumlah lomba foto objek lainnya. Tingkat kesulitan tinggi terutama saat mengabadikan interaksi elang laut ketika menerkam mangsanya.

“Tadi saya sempat kesulitan menangkap gambar Elang laut yang terbang dari ketinggian, karena gerakannya begitu cepat bak secepat kilat menyambar mangsa,” ucap Rine, seorang peserta kategori umum, yang juga pemenang juara 2.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, Sunyono, memberikan apresiasi kepada peserta yang antusias menyemarakkan lomba foto On The Spot dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke 1.085.

Dihadapan puluhan peserta Sunyono menyampaikan, bahwa momen lomba foto ini bisa dijadikan pengalaman penting bagi para peserta dari pelajar untuk menimba ilmu bidang fotografi.

“Para pemenang lomba foto ini akan diberikan kehormatan untuk menerima penghargaan yang diserahkan bersamaan dengan peringatan upacara Hari Kesaktian Pancasila di halaman kantor Bupati Pasuruan. Ini bentuk penghormatan Pemkab Pasuruan terhadap para peserta lomba foto,” ucap Sunyono dalam sambutannya. (ajo/uje).

 

Berikut ini nama-nama peserta yang berhasil meraih juara:

  • Kategori pelajar:

Juara 1 diraih oleh Nur, siswa SMK Yadika.

Juara 2 diraih oleh M Fahmi, siswa SMA Negeri 1 Gondangewetan.

Juara 3 diraih oleh Puput Larasati SMA Negeri 1 Pandaan.

  • Kategori Umum:

Juara 1 diraih oleh Andi Siswandoko, warga Jl. Manggis Kota Pasuruan.

Juara 2 diraih oleh Rine, warga Perum Pesona Candi, Kota Pasuruan.

Juara 3 diraih oleh Ahmad Naufal, warga Purwosari, Kabupaten Pasuruan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *